Resep Membuat Kue Donat Berbahan Kentang Aneka Rasa

Siapa yang tidak kenal kue donat, kue donat adalah salah satu makanan sederhana yang cukup enak dan empuk serta cukup populer di indonesia, orang mengenali kue donat dari bentuknya yang bulat dan tengahnya bolong seperti cin-cin, hampir semua kalangan suka kue donat dari mulai anak-anak sampai orang tua mereka banyak yang menggemari kue donat, selain texturnya yang empuk, makanan yang satu ini juga sangat mudah untuk dibuat dengan bahan-bahannya yang cukup sederhana dan banyak tersedia dipasaran.

Karena saking terkenalnya banyak sekali donat yang bisa langsung kita beli, dengan harga dan aneka rasa dan juga bentuknya yang bervariasi, jika anda malas untuk membuat donat, agar lebih mudah dan praktis anda bisa langsung membelinya dengan harga terjangkau, salah satu donat yang cukup populer di indonesia adalah donat JCO, yang merupakan salah satu donat produk anak bangsa, sedangkan donat dari luar negeri yang cukup terkenal di dunia adalah dunkin donuts yang berasal dari amerika, donat ini memiliki rasa yang unik, enak, empuk, yang disajikan dengan rasanya yang beraneka ragam serta cukup murah.

Kue Donat Kentang

Sebenarnya banyak sekali bahan untuk membuat donat, namun yang cukup mudah adalah donat yang dibuat dari bahan kentang, donat dari bahan kentang akan menghasilkan kue donat yang cukup enak dan empuk sehingga akan membuat anda ketagihan,

Melalui artikel ini saya akan share bagaimana cara membuat kue donat dari bahan kentang, yang diproses dengan cara digoreng.

Bahan-bahan Membuat donat kentang:


  • 500 gram tepung terigu berkualitas bagus
  • 250 gram kentang, kukus, kemudian diulek sampai halus dan didinginkan
  • 50 gram susu bubuk rasa vanila atau fullcream
  • 1 bungkus/ 11 gram ragi kue atau permifan
  • 100 gram gula putih halus
  • 75 gram mentega
  • ½ sdt garam dapur
  • 4 butir kuning telur (putih dan kungingnya diaduk)
  • 100 ml air dingin


Proses membuat donat kentang

Langkah 1:
Kukus kentang sampai matang kemudian haluskan dengan cara diulek.

Langkah 2:
Campurkan kentang yang sudah dihaluskan, dengan seluruh bahan-bahan diatas kemudian aduk-aduk sampai rata, uleni terus hingga kalis elastis tidak lengket ditangan.

Langkah 3:
Jika adonan sudah siap, diamkan selama 15 menit sampai adonan mengembang.
Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera berbentuk donat.
Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.

Langkah 4:
Setelah donat cukup mengembang, sediakan minyak panas, goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau lidi atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.

Jika warna sudah cukup matang ke kuning-kungingan angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya sesuai selera.

Demikian tentang Resep Membuat Kue Donat Berbahan Kentang, Selamat mencoba.

Tag : donat, Kue