Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa & Gula Merah

Dadar gulung bisa dikategorikan sebagai kue pancake yang cukup terkenal, baik di indonesai maupun di malayasia, di indonesis sendiri dadar gulung dikategorikan sebagai kue jajanan tradisional yang cukup digemari, nama dadar gulung diambil, karena kue ini dibuat dengan lapisan tipis yang terbuat dari terigu dan telor kemudian lapisan ini dibuat untuk menggulung isi dadar di dalamnya, karena cara membuatnya dengan cara digulung maka kue ini lebih dikenal dengan sebutan dadar gulung.

Isi dari dadar gulung bisa bermacam-macam tergantung selera, salah satunya dadar gulung isi kelapa dan gula merah, dan juga lapis dadar gulung juga bisa bermacam-macam warna dengan aroma yang beraneka ragam, ada lapisan berwarna hijau dari daun suji atau daun pandan dan lain sebagainya.

Untuk membuat dadar gulung saat ini lebih praktis, karena kebanyakan lapisan untuk dadar gulung sudah banyak tersedia di pasaran, jadi kita tidak perlu lagi membuat lapisan dadar gulung jika memang diinginkan, caranya tinggal kita beli dengan harga yang terjangkau sudah cukup untuk membuat dadar gulung dengan berbagai isi sesuai selera.

Kali ini blogoresep akan mencoba menyajikan resep untuk membuat  Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa & Gula Merah yang enak lembut dan manis untuk cemilan keluarga anda dirumah

Resep membuat dadar gulung
Dadar Gulung Isi Kelapa & Gula Merah

Bahan-bahan untuk membuat dadar gulung isi kelapa dan gula merah

Yang pertama kita akan coba membuat kulit dadar gulung terlebih dahulu kemudian untuk bahan isi dadar gulungnya, jika anda ingin praktis anda bisa membeli kulit dadar gulung jadi tugas anda hanyalah membuat isi dadar gulung namun jika anda ingin membuat sendiri kulit dadar gulung, bahannya adalah sebagai berikut:

Bahan untuk Kulit :

  • 1/2 butir telur (kocok lepas)
  • Garam secukupnya (1/6 sdt)
  • 25 ml air, 1 lembar daun pandan blender, 5 lembar daun suji (blender kemudian peras ambil airnya), ini untuk memberikan warna hijau untuk kulit dadar gulung.
  • 150 ml santan kelapa
  • 75 gram tepung terigu

Bahan untuk Isi dadar gulung :

  • Garam (secukupnya)
  • 75 ml air
  • 1 lembar daun pandan (peras airnya)
  • 100 gram kelapa parut (pilih kelapa yang masih muda tapi juga tidak terlalu muda)
  • 75 gram gula merah (sisir halus)

Cara Membuat Kulit Dadar Gulung :

Campur semua bahan hingga membentuk adonan. Pertama, campurkan terigu, telur kocok dan garam. Selanjutnya, masukkan air santan dan air daun pandan serta daun suji. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Jika sudah, cetak di atas wajan (gunakan wajan teflon yang datar). Dadar tipis-tipis seperti membuat kulit lumpia. Cetak semua kulit hingga adonan habis.

Cara Membuat Isi Dadar Gulung Klapa & Gula Merah :


Untuk membuat isi dadar gulung, silahkan panaskan wajan, masukkan kelapa parut, gula merah siri dan garam. Tambahkan air lalu aduk hingga rata. Masak sampai matang dan air di dalam adonan ini berkurang (kering), angakat adonan ketika sudah agak basah, tidak kering dan tidak juga terlalu basah.


Cara Membuat Dadar gulung

Jika kulit dan isi sudah anda buat, langkah selanjutnya adalah menuju proses pembuatan dadar gulung.

Letakkan kulit lalu beri satu sendok makan isi di atasnya. Usahakan agak di pinggir saja meletakkan isi agar mudah untuk digulung. Lipat kulit untuk menutup isi. Lipat juga bagian sisi kanan dan kiri. Selanjutnya, kamu bisa menggulungnya. Dadar gulung pun telah jadi dan siap untuk disajikan.

Artikel Menarik lainnya: Resep Cara Membuat dadar gulung isi coklat Spesial


Nah Itulah resep untuk membuat dadar gulung isi kelapa dan gula merah yang harum pandan enak manis dan empuk, cocok untuk anak-anak dewasa maupun orang tua. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag : dadar gulung, Kue