Resep Membuat Donat JCO Lembut Spesial

Sebelumnya blogoresep pernah menyajikan resep untuk membuat donat bulat pipih isi selai, pada kali ini bloggoresep mencoba untuk menyajikan resep membuat donat JCO yang lembut dan spesial. Hayo Siapa yang tidak kenal dengan donat JCO?,  makanan yang satu ini merupakan makanan ringan yang enak lezat lembut dan juga tersedia dengan berbagai macam toping rasa yang enak, donat JCO sebenarnya donat yang dibuat seperti kebanyakan donat pada umumnya, namun yang membedakan donat JCO dengan donat lainnya adalah, hiasang toping yang beraneka macan warna bentuk dan juga rasa ditambah dengan reksture dagingnya yang empuk dan lembut sehingga membuat donat JCO sangat spesial, memang donat jeco dibuat dengan toping yang menggungah gairah ingin mencicipinya, dengan pengolahan sederhana mampu membuat donat JCO menjadi salah satu donat yang paling digemari khususunya di indonesia.

Kali ini blogoresep mengajak anda untuk membuat donat JCO dirumah, dengan resep yang tidak kalah enak dengan donat JCO aslinya, sehingga menghasilkan donat JCO yang enak dan empuk, pas dihidangkan untuk menemani liburan keluarga anda.

Resep membuat donat JCO Empuk enak lembut
Donat JCO

Bahan-bahan dan proses pengolahan untuk membuat donat JCO, bisa pake telor atau tanpa telor namun agar texture donat JCO yang dihasilkan adalah donat JCO yang lembut enak disarankan menggunakan telor dan juga susu fullcream.

Untuk menghasilkan donat JCO yang empuk dan enak, pengolahan bahan kita bagi menjadi 2 bagian, sebagai berikut:

Resep Membuat Donat JCO 

Bahan Kemlompok A:

  • 250 gr tepung terigu yang berkualitas baik
  • 150 ml air matang, suhu kamar
  • Garam dapur secukupnya
  • 11 gr ragi instan (Permifan)

Bahan Donat JCO Kelompok B

  • 1 Butir telur ayam
  • 30 gr gula pasir
  • 50 gr tepung terigu
  • 15 gr susu bubuk full cream
  • 30 gr Mentega

Cara Membuat Donat JCO

  1. Olah Bahan Kelompok A terlebih dahulu, silahkan Masukan semua bahan kelompok A, menjadi satu, dimulai dari bahan padat atau kering terlebih dahulu, silahkan aduk-aduk bahan kelompok A, terakhir tuangkan air sedikit-sedikit, kemudian mixer sampai adonan tercampur dengan rata. jika sudah cukup lembut, diamkan adonan A sampai mengembang selama kurang lebih 30 menit.
  2. Kemudian Olah bahan Kelompok B, campur aduk bahan kelompok B menggunakan mixer sampai tercampur dengan rata dan lembut, kemudian campurkan adonan kelompok B, keadonan kelompok A yang sudah diolah sebelumnya. campurkan dan aduk-aduk dengan tangan, uleni hingga adonan Kalis tidak nempel ditangan, kemudian diamkan adonan selama 30 menit, sampai adonan kelihatan mengembang, agar adonan bisa cepat mengembang anda bisa menutup wadah adonan tersebut.
  3. Adonan yang sudah mengembang, tekan-tekan, kemudian siap untuk dicetak, ambil kurang lebih 10 gr, adonan bulatkan dan cetak membentuk kue donat, atau disini anda juga bisa menggunakan cetakan untuk kue donat agar hasilnya kelihatan bagus dengan ukuran sama besar.
  4. Cetakan donat yang sudah dicetak, diamkan selama 20menit sementara anda membuat donat-donat yang lain, siapkan minyak goreng kualitas bagus, kemudian panaskan, setelah minyak mendidih masukan donat yang sudah dicetak satu-persatu. api jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, goreng hingga warnanya ke kuning-kuningan dan tiriskan.
  5. Untuk Toping anda bisa membuat toping beraneka ragam sesuai selera, bisa pake selai, cokelat, susu dan bahan-bahan untuk toping yang lainnya.
Pengolahan donat JCO memang agak sedikit berbeda dengan pengolahan donat berbahan kentang dan pengolahan donat pada umumnya, tujuannya adalah untuk menghasilkan donat JCO dengan cita rasa tinggi enak, empuk dan lezat.

Demikian resep sederhana untuk Membuat Donat JCO Lembut Spesial, selamat mencoba.
Tag : donat, Kue