Resep Tumis Terong Ungu Saus Tiram Mudah Sedap dan ikmat

Suatu hari saudara saya datang ke rumah dan membawakan satu keresek penuh terong ungu, saya bingung mau mengolah seperti apa agar menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga terutama anak saya yang tidak suka sayuran. akhirnya saya coba untuk menumisnya agar bisa dinikmati oleh seluruh keluarga dan ternyata anak saya juga menyukainya, bahkan sampai dua kali nambah dengan tumis terong yang saya buat. untuk membuktikannya anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan panduan resep yang akan saya berikan dibawah ini.

resep tumis terong ungu saus tiram mudah dan nikmat


bahan dan bumbu utama tumis terong ungu :
  • 3 buah terong ungu berukuran sedang 
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • merica bubuk secukupnya 
  •  1 gelas berukuran sedang air putih
  • minyak goreng untuk menumis
  • 3 butir bawang merah ( haluskan )
  • 2 siung bawang putih ( haluskan )
  • 1 butir kemiri sangrai ( haluskan )
  • 1 buah tomat berukuran sedang ( potong menjadi 4 bagian)

cara menumis terong ungu :
  • cuci bersih terong yang sudah dikupas, tiriskan
  • belah terong menjadi dua bagian lalu potong berbentuk dadu dan sisihkan
  • panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum
  • tuangkan sedikit air dan merica bubuk kedalam tumisan, diamkan sampai mendidih
  • masukan potongan terong kedalam bumbu, aduk sampai setengah matang
  • tambahkan saus tiram, gula pasir, dan penyedap rasa aduk sampai bumbu tercampur
  • terakhir masukkan tomat dan garam kedalam tumisan lalu aduk sampai bumbu benar-benar tercampur dan kuah menyusut
  • tumis terong siap untuk dihidangkan
bagi anda yang suka pedas bisa menambahkan cabe rawit kedalam bumbu yang dihaluskan dan beberapa irisan cabe hijau besar kedalam tumisan. selamat mencoba.
Tag : sayuran