Resep Cara Membuat Donat Bulat pipih Isi Selai Enak

Resep Cara Membuat Donat Bulat pipih Isi Selai Enak memang tidak terlalu sulit, untuk donat sendiri pada saat ini banyak tersedia dengan berbagai macm variasi olahan rasa dan juga variasi bentuk, dulu donat selalu identik dengan kue berbentuk bundar dan bolong ditengah, namun sekarang karena banyaknya kreasi dan juga inovasi, manakan kue donat tidak perlu selalu bolong ditengahnya, meskipun begitu karena adonan dan cara membuatnya seperti donat, kue yang satu ini meskipun sama sekali tidak berbentuk seperti donat pada umumnya yang tengahnya bolong masih dikategorikan sebagai donat.

Banyak sekali olahan makan donat yang bisa kita beli misal donat JCO, Dunkin Donut dan produk olahan donat lainnya, banyak menyediakan kue donat dengan berbagai variasi rasa, toping dan juga variasi bentuk, selain rasanya enak juga texturenya sangat empuk sekali,

Pada artikel blogoresep kali ini saya akan coba sajikan salah satu resep untuk membuat donat bundar tanpa lubang ditengah dengan isi selai sesuai selera anda.

donat bulat tanpa lubang isi selai
Donat tanpa lubang isi selai

Bentuk dari donat bulat isi selai terlihat seperti gambar diatas, untuk membuatnya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya cukup mudah untuk didapat, cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan-banah donat isi selai

  • 500 gram tepung terigu protein sedang (gunakan tepung terigu berkualitas)
  • 1 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm ragi instant (Fermipan)
  • 2 sdm margarin
  • 100 gram selai sesuai kesukaan (bisa selai cokelat, kacang, strobery, bluebery, nanas dan lain sebagainya untuk isi kue donat dibagian dalamnya.
  • 50 ml air dingin suhu ruangan
  • Gula halus secukupnya untuk taburan toping diatasnya.

Cara Membuat Donat Isi Selai

  1. Pertama campurkan tepung terigu dan ragi instant (permifan) hingga rata seluruhnya.
  2. Tambahkan margarin, gula pasir, telur (putih+kuning) dan air, aduk semua hingga rata.
  3. Dengan tangan  uleni terus adonan hingga kalis dan tidak menempel di tangan.
  4. Diamkan adonan yang sudah kalis selama 30 menit s/d 1 jam, tutup dengan serbet agar pengembangan adonan cepat, tunggu hingga adonan benar-benar mengembang dua kali ukuran semula.
  5. Jika adonan sudah kelihatan mengembang, sebelum dibuat cetakan, kempeskan adonan dengan cara menekannya dengan genggaman tangan.
  6. Ambil adonan kurang lebih 10 gram, bentuk bulat lalu pipihkan. Isi dengan selai, kemudian bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Simpan adonan yang sudah dicetak diatas wadah anda bisa menggunakan alas dari keretas bersih agar tidak nempel, diamkan adonan selama 15 hingga 20 menit sampai mengembang.
  8. Sediakan minyak yang cukup banyak, kemudian panaskan, dan goreng donat dalam minyak memakai api sedang, awas jangan sampai nempel satu sama lain. Tunggu hingga donat berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
  9. Tata rapi donat yang sudah dingin di atas piring saji, beri taburan gula halus dengan bantuan ayakan tepung.
  10. Donat Isi Selai siap untuk dinikmati.
Adonan donat diatas bisa juga anda gunakan untuk membuat donat bolong ditengah dan variasi donat lainnya, anda bisa membuat donat dengan hiasan toping seseuai dengan selera anda.

Demikian Resep Cara Membuat Donat Bulat pipih Isi Selai Enak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Tag : donat, Kue