Resep Enak Membuat Donat Tanpa Telur dan Susu

Sebelumnya saya pernah menyajikan cara membuat donat dengan bahan dasar kentang dan juga cara membuat donat dengan bahan dasar ubi jalar ungu, kedua donat tersebut sangat mudah dibuat dengan biaya terjangkau serta bisa menghasilkan kue donat kentang dan kue donat ubi jalar ungu yang empuk enak juga tidak lepas dari kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh.

Pada artikel blogoresep kali ini saya akan coba menyajikan cara membuat donat enak sederhana dengan bahan dasar tepung terigu tanpa telor dan susu, namun meskipun bahan dasarnya hanya terigu tanpa di campur dengan telur maupun susu, donat ini cukup enak dan empuk sebagai cemilan kebersamaan keluarga anda di momen-momen tertentu dengan harga yang sangat murah dan bahan-bahan yang mudah didapat.

Adonan ini selain bisa kita gunakan untuk membuat kue dengan bentuk donat, adonan ini juga bisa dimodifikasi menjadi olahan makanan lainnya, karena meskipun adonannya sama namun jika diproses dengan cara berbeda bisa menghasilkan berbagai jenis olahan rasa (All in one), Misal jika adonan ini digoreng, maka bisa jadi donat atau roti goreng sedangkan jika adonan ini diproses dengan cara dipanggang, maka bisa menjadi roti atau pizza, kemudian jika adonan ini diproses dengan cara dikukus, maka bisa jadi bakpau.

donat terigu tanpa telor enak empuk
Donat terigu tanpa telor

Anda penasaran, mari kita mulai bagaimana Resep Enak Membuat Donat berbahan dasar terigu Tanpa Telur dan Susu ini dibuat:

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:


  • 250 gram Tepung terigu (Pilih tepung terigu yang berkualitas bagus)
  • 1 sdt  Ragi instant (fermipan)
  • 1 sdm Margarin atau mentega
  • 4 sdm Gula pasir
  • 150 cc Air matang ( suhu ruangan / dingin biasa)
  • 1/2 sdt Garam

Cara Membuat:


  1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah. Mixer menggunakan kaki spiral hingga adonan menjadi kalis. Jika ingin diulen manual juga bisa.
  2. Diamkan dalam wadah kurang lebih 30 menit, tertutup hingga mengembang.
  3. Kempiskan adonan, lalu buatlah bentuk donut. Letakkan dalam wadah tertutup, bisa diberi alas koran. Diamkan kembali selama 20 menit hingga donat mengembang
  4. Sediakan minyak panas, setelah minya mendidih goreng donat, bisa langsung lebih dari satu tapi hati-hati saling nempel. gunakan api sedang jangan terlalu panas dan jangan terlalu keci.
  5. Tunggu sampai matang kekuning-kuningan, jika sudah cukup matang tiriskan.
  6. Untuk toping anda bisa buat dengan toping kesukaan anda, bisa pake selai strobery, coklat, keju dan toping lainnya sesuai selera.

Tag : donat, Kue